Tuesday, June 17, 2014

TAI CICAK BERSERAKAN DI BUMI UNG

Kampus peradaban merah maron Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Sejak Pukul 07.00 pagi ini dipenuhi dengan pengangguran-pengangguran berpakaian ala tai cicak (Hitam-Putih). Bumi pertiwi UNG kembali diramei dengan mereka yang akan berjuang berdasarkan kemampuan masing-masing. Mereka berduyun-duyun mendatangi dan memasuki hampir disetiap ruanganan yang ada. Tidak hanya UNG, beberapa sekolah yang berada di sekitaran UNG juga turut sebagai sarana penguji-cobaan tai-tai cicak pengangguran ini.


Tentunya ada harapan yang terbesit dalam sanubari mereka, yaitu dapat menyelesaikan segala soal dan nantinya dapat lulus di perguruan tinggi dengan jurusan sesuai dengan pilihan mereka. Bagi yang tidak berhasil, putus asa bukanlah solusi, karena banyak di luar sana orang-orang sukses tanpa pernah menyandang status sarjana. Seperti halnya kesuksesan cinta yang didapatkan oleh manusia pertama bersama dengan Istrinya. Seperti halnya Yusuf yang dapat menjadi desainer ekonomi, atau seperti Muhammad SAW. Yang mampu menjadi Top Leader dalam Kehidupan Di Dunia ini. Tapi ini mustahil bagi mereka yang berjuang pada hari ini, karena mereka bukan nabi. Namun tak ada yang tak munkin bagi mereka yang berprinsip YAKUSA (Yakin Usaha Sampai).

Masih bagi yang tak lulus SBMPTN, janganlah berkhawatir karena seleksi Lokal masih ada. Jika tidak lulus lagi, yakinlah bahwa Tuhan meridhoi dan merencanakan kesuksesan di tempat lain. Bagi yang lulus, jangan terlalu berbangga diri dulu, karena tidak menutup kemungkinan akan adanya kegagalan.

Setelah masuk dalam dunia kampus bukan berarti kita akan menjadi orang-orang hebat dengan kecerdasan mumpuni, karena saaat ini kampus sesungguhnya hanya akan membuat kita menjadi manusia-manusia robot, yang menjalani apa-apa yang harus dilakukan, tanpa pernah melakukan apa-apa yang sebenarnya kita butuhkan. Dalam dunia kampus, pengaruhnya terhadap wawasan pemikiran kita hanya 30% dan jika kita ingin sempurnah, bergabunglah dengan organisasi-organisasi, baik yang intra (HMPS/HMJ/SENFAK/BEM/dll) maupun yang ekstra (HmI/KAMMI/PMII/LMND/dsb).

Organisasi adalah apa yang akan membentuk pola pikir, pola sikap, dan pola laku. Organisasi adalah wadah kita untuk bercengkrama dengan pemikiran-pemikiran kreatif-inovatif dan revolusioner, dan sebagai sarana meledakan potensi, serta sebagai medan juang dimana kita sebagai pemuda bergerak untuk perubahan di Negeri Bhineka Tunggal Ika ini.

Kita adalah pemuda yang diamanahi Tuhan untuk menjadi pemimpin di muka bumi ini. Kita adalah energi baru yang diamanahi oleh para Pejuang Bangsa sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan yang harus mengawal perjalanan bangsa dan negara tercinta ini. Kita adalah generasi harapan, generasi pembawa kobaran api semangat perjuangan demi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

Selasa,   19 Sya’ban 1435 H
              17 Juni 2014 M






No comments :