Monday, October 28, 2013

Catatan Kuliah Bersama Profesor

Hari ini, angkatan 2011 Geografi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sedang kuliah bersama di ruang kuliah Geografi. Matakuliah hari ini adalah Assesment Pembelajaran Geografi yang diampu oleh Prof Enos. Hari ini juga, entah mengapa aku merasa pusing. Setelah sejak tadi mendengarkan ceramah dari pak Prof. dan untuk mengatasi rasa ini, aku pun meminjam laptop kawanku, Nurdin namanaya. Dan aku kemudian melanglang buana di dunia maya. Sungguh menyenangkan perasaan ini tatkala akun yang ku punya dapat terbuka dengan bantuan Wifi milik ruangan perlengkapan yang berada tepat di depan Gedung kuliah kami. Berbagai status kian muncul bergantian mengisi akun media social yang ku punya.

Hari ini, entah kenapa aku kurang bersemangat mengikuti matakuliah. Mungkin karena kekurang pahaman mengenai materi yang diajarkan yang membuat aku begitu kebingungan sehingga melahirkan benih-benih kepusingan dalam kepalaku.

Contoh perhitungan korelasi butir soal bentuk objektif adalah pembahasan pada kuliah hari ini. Aku begitu heran dan terus bertanya-tanya kepada diri sendiri. Mengapa materi ini begitu penting, dan kami harus dituntut untuk dapat memahami dan selanjutnya dapat menerapkannya. Padahal, ini aneh menurutku. Mengapa sih, seorang guru harus melakukan perhitungan butir soal yang telah diujikannnya lagi?. Apakah hal ini akan dapat melahirkan perbedaan hasil antara guru yang melakukannya dengan guru yang tidak melakukan perhitungan tersebut.

Terus terang saja, mata kuliah hari ini telah mengantar pkiran dangkalku untuk tidak menjadi seorang guru. Sebab, setelah mentransfer ilmu, seorang guru yang baik hendaklah melakukan tes-tes atas materi-materi yang telah diajarkannya. Selain itu, guru yang baik dituntut juga untuk melakukan penilaian terhadap setiap butir soalnya. Untuk menemukan, apakah soal itu sesuai dengan tata cara pembuatan soal yang mudah 25%, sedang 50%, dan sulit 25%.

No comments :